Kamis, 28 Juni 2012

Hasil Pertandingan Spanyol VS Portugal Di Semi Final EURO 2012


EURO 2012 - Hingga peluit akhir babak ke-2, kedudukan Spanyol melawan Portugal di semifinal Piala Eropa 2012 masih 0-0. Spanyol bermain jauh di bawah performa terbaiknya. Bosque yang tak mau mendengar kritikan kekeuh tak menurunkan striker murni mulai pertengahanbabak ke-2 setelah Negredo digantikan Fabregas dki menit ke -53.
Serangan Spanyol nampak tak terpola mengingat tak ada striker yang jadi targetman di depan. Permainan tiki taka seakan menghilang dari Spanyol.
Hingga akhir babak1, Spanyol nampak tertekan meski mendominasi penguasaan bola 60% berdasarkan catatan Soccernet dalam semifinal Piala Eropa 2012 melawan Portugal.
Permainan Spanyol jauh di bawah performa terbaiknya. Lini tengah Spanyol sering kehilangan bola, dan tiki taka pun tak muncul.

Sejauh ini penampilan Portugal cukup bisa mengimbangi Spanyol, bahkan sesekali mengirimkan ancaman nyata di depan gawang Casillas.
Sejak menit awal, Portugal memulai tekanannya pada Spanyol. Upaya Miguel Veloso dari jarak jauh berujung tendangan corner. Sepakan penjuru pertama di laga ini.
Menit ke-5, giliran Iniesta mencoba untuk memberikan tekanan pada Pepe, namun bola pada akhirnya dapat dikendalikan kembali oleh Patricio.
Sementara statistik mencatat, Spanyol menjadi tim paling sedikit kebobolan, yanki 1 gol, selama Euro 2012.

Peluang Spanyol di menit ke-9 tapi gagal. Umpan silang Iniesta gagal menemui Negredo, akan tetapi bola liar bergulir bebas di tepi kotak penalti. Busquets datang menyambarnya, namun sepakannya terlalu tinggi.
Dari catatan statistik selama Euro, Spanyol telah menyelesaikan umpan sebanyak 2623, dua kali lipat melebihi catatan milik Portugal yang sejauh ini telah melepaskan 1159 umpan.
Ronaldo memulai aksi mengancamnya pada menit ke-13. Dia berlari kencang di sisi kiri sebelum mengirimkan umpan silang, namun masih dapat ditangkap dengan sempurna oleh Casillas.
Pada menit ke-15, tendangan bebas untuk Portugal setelah Ronaldo dilanggar di sisi kiri. Bola sepakan Ronaldo, masih membentur pagar betis. Bola kembali dapat dikendalikan anak-anak Matador. Nani memimpin serangan balik di menit ke-20, lalu dijatuhkan oleh Ramos, namun bukan pelanggaran.

Di menit ke-23, Ronaldo tak dapat menyodorkan bola pada Almeida yang berlari dan memposisikan diri di titik yang bagus, winger Madrid ini dikawal ketat.
Semenit berselang, Ronaldo memiliki peluang emas setelah Ramos menghalau bola dengan kepalanya, bola lalu jatuh di kaki Ronaldo dan disambarnya dengan sepakan voli, sayang masih melambung.
Kerja sama Nani dan Pereira di sisi kanan cukup terorganisir dengan rapih, namun Pique menjadi penghalang serius dari pergerakan kedua pemain ini.
Menit ke-29 giliranSpanyol dapat peluang. Sebuah kombinasi manis antara Xavi-Negredo sebelum Iniesta menembak bola dalam posisi tak terkawal. Akan tetapi masih belum menjumpai target.
Tiga menit kemudia, giliran CR7 dapat peluang. Kecerdikan Moutinho memainkan bola memudahkan Ronaldo menyepak bola dari tepi penalti Casillas, namun masih melenceng tipis.
Menit ke-40, Kartu Kuning untuk Sergio Ramos. Kartu kuning pertama di laga ini didapatkan Ramos setelah dia melakukan pelanggaran tidak pantas pada Ronaldo.
Dari 12 kali pertemuan terakhir, Spanyol "hanya" menang dua kali atas Portugal. 14 dari 16 kemenangan yang dibukukan Spanyol ketika berhadapan dengan Portugal itu diraih sebelum 1960.
Belum ada gol tercipta di paruh pertama, kedua tim relatif bermain sama kuat.  Memasuki babak ke-2, Portugal masih menekan Spanyol. Menit ke-49, Portugal benar-benar menghadirkan ancaman begitu mereka berhasil mengarahkan bola ke kotak penalti Casillas, namun Ramos kali ini sukses membaca bola dan menghalaunya.
Masuknya Cesc Fabregas menggantikan Alvaro Negredo menjadikan Spanyol tanpa striker murni melawan Portugal di semifinal Piala Eropa 2012.
Bosque seakan tak mendengar kritikan dari berbagai pihak termasuk media di Spanyol bahwa taktiknya yang menurunkan tim tanpa striker bakal merugikan.
Menit ke-65, Xavi mencoba peruntungannya dengan mendaratkan tendangan keras dari jarak 25 meter, namun bola menjurus tepat ke pelukan Patricio.
Sejauh ini, Moutinho menjadi pemain yang paling menunjukkan kontribusi nyata bagi Portugal. Kali ini dia mengintersep aliran bola Spanyol di tengah.

Tayangan ulang memperlihatkan sebuah tendangan Nani di menit ke-79 mengenai tangan Busquets di kotak terlarang. Saharusnya ini bisa menjadi penalti.
Peluang emas Ronaldo di menit ke-90. Serangan balik cepat dilakukan Portugal, dan Ronado menggiring bola ke kotak penalti Spanyol, dibayang-bayangi bek lawan, tendangan sang bintang melambung tinggi.
Di babak perpanjangan waktu portugal dan spanyol bermain terbuka, kedua negara Eropa tersebut bertarung mati-matian demi merebut Tiket Final EURO 2012, hingga wasit meniup peluit panjang, dan skor pun masih imbang (0-0). Dengan demikian Kedua Negara melakukan drama adu Penalti.

DRAMA ADU PENALTY 

Spanyol berhasil lolos ke final Euro 2012 untuk mempertahankan mahkota yang diraihnya di tahun 2008 usai mengalahkan Portugal dalam drama adu penalti. Spanyol unggul 5:3. Kedua tim sebelumnya bermain imbang saat 2 x 45 menit dan perpanjangan waktu 2 x 15 menit.

Spanyol mengambil keuntungan menjadi penendang pertama. Xabi Alonso yang menjadi pahlawan saat melawan Prancis, gagal menceploskan si kulit bundar setelah tendangannya di sebelah kiri berhasil di blok Rui Patricio. pada kesempatan pertama itu. Penendang pertama Portugal Joao Moutinho juga gagal setelah sepakannya diblok Iker Casilas.

Kemudian berturut-turut, semua penendang Spanyol, Andres Iniesta, Gerrard Pique, Sergei Ramos dan Cesc Fabregas sukses menjalankan tugasnya. Sementara Portugal hanya sukses di penendang kedua dan ketiga, Pepe dan Nani. Penendang keempat Portugal Bruno Alves gagal karena bolanya membentur mistar.
Usai Fabregas memastikan kemenangan Spanyol, Cristiano Ronaldo yang menjadi penendang terakhir Portugal tak mungkin lagi mempengaruhi hasil. Spanyol unggul 5:3 dan lolos ke final.

Keinginan tim Matador menjadi negara pertama yang berhasil mempertahankan gelarnya di Piala Eropa tinggal selangkah lagi. Di final Spanyol akan menghadapi pemenang partai semi final lainnya, antara Jerman dan Italia.

FORMASI PEMAIN:
PORTUGAL: Rui Patricio, Bruno Alves, Kepler Laveran Lima Ferreira, Fabio Coentrao, João Pereira, Miguel Veloso, Joao Moutinho, Raúl Meireles, Nani, Cristiano Ronaldo, Hugo Almeida/ Nelson Oliveira 80'

SPANYOL: Iker Casillas, Gerard Piqué, Sergio Ramos, Arbeloa, Jordi Alba, Andrés Iniesta, Xavi, Xabi Alonso, Sergio Busquets Burgos, David Silva, Negredo/ Cesc Fabregas 53'

Sumber: http://www.bisnis.com/articles/euro-2012-skor-spanyol-vs-portugal-masih-0-0-pertandingan-dilanjutkan-perpanjangan-waktu 



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More